pemimpin

LEADERSHIP ADA DISETIAP DIRI MANUSIA
Setiap orang yang dilahirkan itu sebetulnya sudah ditakdirkan menjadi pemimpin (a leader),khalifah.Potensi pemimpin sudah diturunkan Tuhan kepada setiap manusia. Hal ini bukan sekadar kata-kata bijak agama saja.Secara tidak sadar,kita harus memimpin tubuh ini untuk melakukan apa saja.Sikap dan tubuh ini akan mengikuti apa yang kita inginkan.
Hanya saja,kebanyakan orang tidak pernah memaksimalkan kemampuan memimpin yang telah dibekali oleh Sang Pencipta.Sebagian besar dari kita mengabaikan potensi leadership (kepemimpinan) yang ada pada diri.Akibatnya,hanya sebagian kecil saja orang yang berhasil mencapai kesuksesan.Leadership dan kesuksesan memang dua hal yang seringkali berjalan beriringan.Karena biasanya,orang yang sukses itu memilki leadership yang menonjol.
Setelah menyadari bahwa dalam diri ini ada jiwa kepemimpinan,tidak ada lagi alasan bahwa kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk meraih kesuksesan.Sebenarnya sederhana saja,kesuksesan itu ditentukan mulai dari kemampuan kita memimpin diri sendiri.Dengan menggerakkan dan mengendalikan diri agar melakukan sesuatu untuk meraih kesuksesan.
Sederhana,tapi seringkali orang terbentur saat ingin memulainya.Terkadang hati ini sekeras batu,sering muncul kesombongan-kesombongan yang menahan orang melakukan sesuatu.Orang seringkali terbentur kepada perdebatan masalah teknis cara melakukan.Bingung,apa yang harus dilakukan pertama kali untuk memimpin diri sendiri. Padahal jika kita tidak bisa memimpin diri sendiri,sulit rasanya untuk meraih kesuksesan.
Manusia di permukaan bumi ini diciptakan untuk menunaikan amanah dan kewajiban.Diantara amanah dan kewajiban itu tentunya melaksanakan tugas kepemimpinan.Sesuai dengan fitrahnya,manusia tidak dapat hidup sendiri,manusia memerlukan sosok seorang pemimpin.Sebuah keharusan bahwa manusia sebagai kelompok dalam masyarakat memerlukan pemimpin.

Dalam hal kepemimpinan Allah SWT pernah menawarkan amanat itu kepada langit,bumi,dan gunung-gunung,tetapi seluruhnya menyatakan tidak mampu memikul kewajiban amanah itu,dan menyatakan kepada Allah SWT agar dilepaskan dari tanggung jawab memikul beban dan amanah itu.
Kemudian manusia tampil ke depan menyatakan kesanggupannya melaksanakan amanah tersebut.Tugas dan kewajiban melaksanakan amanah itu sesungguhunya adalah untuk menegakkan perintah untuk mengajak yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Diantaranya adalah mengelola apa yang kita punya (dalam hal ini adalah kampus dan segala yang melingkupinya) dengan baik.
Pemimpin mempunyai tugas merancang untuk mencapai kesuksesan akhir yang optimal.Seorang pemimpin harus mempunyai keikhlasan dan kemampuan untuk bertindak,mampu melaksanakan tugasnya sampai tuntas dengan baik dan tertib dalam kelompok atau organisasi yang dipimpinnya.Dengan kata lain seorang pemimpin juga harus kreatif,cerdas,dan berani mengambil keputusan yang ditopang dengan kearifannya, mampu menggerakkan dan mengarahkan anggotanya,dan peka terhadap realitas.
Seorang pemimpin diharapkan dapat menghasilkan kinerja yang positif. Kepribadiannya memberikan teladan di tengah-tengah yang dipimpinnya,memelopori kesediaan berkorban dalam ucapan dan perbuatan.Tidak mementingkan diri sendiri atau golongan.
Cara terbaik bagi para pemimpin masa kini,adalah dengan mempelajari keberhasilan Rasulullah SAW dalam mengemban amanah dan berkepribadian utuh, ucapannya yang benar,ucapan yang di implementasikan dalam perilaku dan perbuatan yang nyata,selalu memegang teguh kemitmen.
Sifat-sifat Rasulullah SAW yang merupakan sarat mutlak yang harus di miliki seorang pemimpin adalah :
1. Shiddiq (jujur)
2. Amanah (terpercaya)
3. Fatonah (pintar)
4. Tabligh (menyampaikan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: